Factory Visit Laboratorium Agribisnis

Rabu, 11 Juli 2018 11:13 WIB

Dalam rangka mendekatkan mahasiswa dengan dunia bisnis nyata, Laboratorium Agribisnis mengadakan Factory Visit ke industri makanan dan minuman (food and beverage). Salah satu kunjungan tersebut ke PT. Amertha Indah Otsuka di Pasuruan. Factory Visit ini diselenggarakan pada tanggal 10 Juli 2018 diperuntukan secara ekslusif bagi 59 mahasiswa agribisnis semester 5 yang didampingi oleh Kepala Laboratorium Agribisnis Dr. Ir. Rahayu Relawati, MM dan Staf  Laboratorium Agribisnis Ibu Fila Cipta Sasmita, SP.

Pada kunjungan tersebut mahasiswa memperoleh nilai-nilai filosofis perusahaan dan pengetahuan praktis proses produksi dan pemasaran produk minuman. PT. Amertha Indah Otsuka sangat mengedepankan kesehatan yang harus dimiliki dan dijaga untuk masyarakat. Sebagai komitmen perusahaan untuk mendukung kesehatan melalui produk-produk yang dipasarkan. Dalam proses produksi, perusahaan menambahkan nilai kebersihan (clean). Wujud nilai clean itu adalah proses-proses yang steril mulai dari tempat produksi, penyiapan botol minuman, proses produksi minuman, pekerja, sampai proses pasca produksi. Karena proses produksi yang sangat terjaga kebersihannya akan mendukung kualitas produk minuman tersebut.

Mahasiswa memperoleh banyak manfaat dari kegiatan Factory Visit tersebut. Pertama, mereka memperoleh gambaran yang dapat diobservasi tentang praktek bisnis nyata industri minuman. Kedua, mereka memperoleh gambaran dunia kerja di bidang bisnis industri minuman. Ketiga, memperoleh latihan disiplin seperti standard yang diterapkan pada industri multinasional. Keempat, memperoleh motivasi semangat kewirausahaan, bahwa dunia bisnis mempunyai peluang untuk dikembangkan menjadi lebih besar. (rr)

Shared: