Langganan Praktek Kerja Lapang (PKL) ke Thailand

Minggu, 15 September 2019 17:02 WIB   Agribisnis

Mahasiswa Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian-Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang melaksanakan kegiatan praktek kerja lapang selama 1 bulan di Thailand, tanggal 17 Agustus-15 September 2019. Menurut salah satu mahasiswa PKL, Adinda Dwi Restiana, mengatakan “Banyak sekali ilmu yang kami peroleh, bukan hanya tentang akademik, tapi juga tentang kehidupan sosial. Banyak sesuatu yang unik terjadi disana, hal-hal yang mungkin tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Kita bisa bertemu teman-teman baru dan mengenal budaya mereka akan membuat kita membuka mata lebih lebar. Because a lot of new things that we will get in there.” Para mahasiswa agribisnis tersebut memperoleh wawasan dan keterampilan di  3 tempat yg berbeda, yaitu:

1. National Corn and Sorghum Research Center

Mahasiswa belajar mengenai pengolahan komoditas jagung secara sistem agribisnis mulai dari menyiapkan bibit, penanaman, perawatan, panen, pasca panen, hingga pemasarannya.

2. Pak Chong Research Station

Mahasiswa memperoleh wawasan dan keterampilan mengenai komoditas pisang, srikaya, mangga, dan lain sebagainya. Banyak pelajaran baru yg didapat seperti membuat bibit unggul dengan menggunakan metode-metode yg diajarkan disana, perawatan lahan, panen dan pengolahan.

3. Tubkwang research station

Berbeda dengan yg lainnya, di Tubkwang ini mahasiswa belajar tentang peternakan sapi. Jenis jenis sapi unggul di thailand, pembuatan pakan ternak, perawatan kandang, perwatan kesehatan sapi, pengukuran berat dengan menggunakan aplikasi dan manual, serta pengolahan daging sapi.

Simak wawancara Ketua Program Studi Agribisnis FPP UMM di Tabloid Mata Hati.

Shared: