Agribisnis UMM Galakkan Sosialisasi Green Marketing Sebagai Salah Satu Solusi Alternatif Mengurangi Sampah Plastik

Sabtu, 30 Oktober 2021 19:06 WIB   Agribisnis

Kegiatan Kampanye Go Green

Sebagai respon terhadap isu permasalahan lingkungan dan dampak global warming, Program studi Agribisnis UMM berkomitmen dan berupaya menemukan solusi alternatif dari permasalahan tersebut. Faktanya, Indonesia kini menghasilkan 9,85 miliar lembar plastik setiap tahun yang diantaranya berasal dari gerai retail modern. Berbagai produk dengan kemasan plastik yang dihasilkan oleh industri retail modern tersebut menyumbang setidaknya 90.000 sampah plastik setiap tahunnya. Melalui penelitian yang dijalankan oleh Dosen Agribisnis UMM, ditemukan bahwa salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh retail modern untuk mengurangi penggunaan sampah plastik adalah dengan menerapkan konsep Green Marketing.

Green Marketing merupakan konsep atau kebijakan untuk menciptakan promosi, kemasan produk, hingga konsep tempat produk yang ramah lingkungan. Sebagai upaya untuk memperkenalkan serta mengkampanyekan konsep Green Marketing tersebut, Program Studi Agribisnis UMM menggelar Webinar Nasional dengan tema yang sama, berjudul “Green Marketing Sebagai Salah Satu Solusi Menggunungnya Sampah Plastik”. Webinar Nasional tersebut telah dilaksanakan secara daring pada 30 Oktober 2021, pukul 09.00 WIB live melalui aplikasi zoom. Webinar tersebut diikuti oleh 116 peserta yang berasal dari 28 Sekolah Menengah Atas/Sederajat dan Sekolah Menengah Kejuruan di berbagai daerah di Indonesia. Sekolah-sekolah tersebut diantaranya berasal dari daerah di Pulau Jawa, Pulau Sumatera, hingga Nusa Tenggara Timur. Materi Green Marketing pada kegiatan tersebut disampaikan oleh salah satu Dosen Program studi Agribisnis, yaitu Livia Windiana, S.P., M.Agr., sedangkan topik penanganan sampah disampaikan oleh Sri Nurwati, S.P. yang merupakan Guru SMKN 2 Agribisnis Probolinggo/SMKN 1 Mlarak.

M. Zul Mazwan, S.P., M.Sc, salah satu Dosen Program Studi Agribisnis UMM mengatakan bahwa melalui kegiatan tersebut harapannya konsep Green Marketing sebagai salah satu solusi alternatif untuk mengurangi sampah plastik dapat semakin dikenal oleh khalayak umum sehingga baik konsumen maupun produsen kedepannya sepakat untuk memilih produk dengan konsep ramah lingkungan hingga pengurangan plastik di Indonesia dapat secara masif dilakukan baik oleh konsumen maupun produsen. Kegiatan ini sekaligus untuk mempromosikan Kampus UMM utamanya Program Studi Agribisnis.

Shared: