Pengumuman PKL Mahasiswa Prodi Agribisnis Angkatan 2018

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Diberitahukan kepada mahasiswa agribisnis FPP-UMM Angkatan 2018 bahwa pendaftaran Praktek Kerja Lapang (PKL) telah dibuka mulai 1 Januari 2021. Kegiatan PKL tahun 2021 ini memiliki konsep yang berbeda dengan PKL sebelumnya dikarenakan keadaan force majeure akibat pandemi corona. Kegiatan PKL dapat berupa kegiatan praktek kerja maupun pendampingan di industri/perusahaan/lembaga/instansi/usaha mikro kecil menengah (UMKM)/ usaha perseorangan di bidang agribisnis (lebih lanjut lihat panduan PKL Prodi Agribisnis 2021). Perhatikan timeline kegiatan PKL Program Studi Agribisnis tahun 2021 sebegai berikut:

No.

KEGIATANPKL

WAKTU

1.

Pendaftaran Peserta Program PKL

Awal – Akhir Januari 2021

2.

Pembekalan Program PKL

Akhir Januari 2021

3.

Penempatan Mahasiswa ke Industri Mitra

Awal – Pertengahan Februari 2021

4.

Pelaksanaan Program PKL

Awal Februari – Pertengahan 2021 Maret (menyesuaikan ijin perusahaan)

5.

Kunjungan Program PKL (*Kondisional dikarenakan pandemi corona)

Pertengahan Februari – Awal Maret 2021

6.

Selesai Pelaksanaan di industri/perusahaan mitra Program PKL

Awal – Pertengahan Maret 2021

(menyesuaikan ijin perusahaan)

7.

Finishing Pembimbingan Laporan PKL

Paling Lambat Akhir Mei 2021

8.

Ujian/Seminar Hasil PKL

Awal Maret - Akhir Mei 2021

9.

Batas Akhir Penyerahan Laporan Daftar harianPKL

30 Juni 2021

10.

Penilaian akhir

Juli 2021

Prosedur pelaksanaan PKL Prodi Agribisnis tahun 2021 sebagai berikut:

1. Pendaftar PKL tercatat sebagai Mahasiswa aktif Program S-1 Program StudiAgribisnis FPPUMM pada semester diselenggarakannya kegiatan PKL.

2. Mahasiswa mencari/memilih mitra atau lokasi PKL secara mandiri atau berkelompok (satu kelompok terdiri dari 1-3 mahasiswa). Mahasiswa juga bisa memilih mitra PKL dari industri/perusahaan/lembaga/instansi/usaha mikro kecil menengah (UMKM)/usaha perseoranganyang menjadi mitra lokasi praktikum maupun mitra PKL sebelumnya di Program Studi.

3. Mahasiswa merencanakan lokasi, waktu dan topik atau judul kajian PKL yang disesuaikan dengan bidang kajian di industri/perusahaan/lembaga/instansi/usaha mikro kecil menengah (UMKM)/usaha perseoranganyang dituju. 

4. Mahasiswa calon peserta PKL wajib mendaftar ke tim dan admin PKL Program Studi Agribisnis FPP Universitas Muhammadiyah Malang dengan mengisi link daftar kelompok dan pengajuan surat pengantar PKL (form A4) dan memenuhi persyaratan pendaftaran sebagai berikut pada link ini.

  • Foto Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)
  • Formulir permohonan PKL(form A1) ke Tim PKL secara online
  • Transkrip nilai (sampai dengan semester 5 minimal 80 sks yang telah lulus dan IPK minimal 2.00), transkrip disediakan oleh TU Prodi Agribisnis
  • Telah menempuh dan lulus mata kuliah Metode Ilmiah (dibuktikan dengan KSM yang terdapat mata kuliah Metode Ilmiah), KSM tanpa tandatangan
  • KHS (semester 1 sampai semester 4)
  • Melunasi pembayaran pendaftaran PKL sebesar Rp250.000,- (lihat panduan pembayaran) dan menyerahkan bukti pembayaran.
  • Mahasiswa mengajukan dan memberi identitas lengkap mitra kerja PKL serta membuat draft singkat proposal PKL (form A2)
  • Mahasiswa mendapatkan ijin melaksanakan kegiatan PKL oleh orangtua (surat ijin bertandatangan orangtua)

5. Setelah mahasiswa mendaftar PKL, akan ditetapkan dosen pembimbing yang selanjutnya mahasiswa dapat melaksanakan pembimbingan lebih lanjut secara online. Link daftar pembimbing sebagai berikut (*harap ditunggu, setiap hari Sabtu akan diupdate penetapan pembimbing PKL). Setelah mengisi pengajuan surat pengantar PKL (form A4), download surat pengantar tersebut pada link berikut

6. Mahasiswa harus menyusun proposal PKL sesuai dengan kondisi dan kegiatan di industri/perusahaan/lembaga/instansi/usaha mikro kecil menengah (UMKM)/usaha perseoranganmitra, dengan arahan dan bimbingan Dosen Pembimbing atau Tim PKL Program Studi Agribisnis (lihat panduan PKL). Upload proposal PKL pada link berikut.

7. Mahasiswa melaporkan kesediaan industri/perusahaan/lembaga/instansi/usaha mikro kecil menengah (UMKM)/usaha perseorangan mitra PKL yang dituju pada link berikut

8. Mengikuti kegiatan pembekalan Program PKL yang diselenggarakan oleh panitia PKL (jadwal akan diinformasikan lebih lanjut).

9. Mahasiswa melakukan kegiatan PKL di bawah bimbingan dosen pembimbing dan pamong mitra PKL. Karena kondisi pandemi corona, mahasiswa harap jaga jarak, gunakan masker dan selalu patuhi protokol kesehatan. Dokumentasikan kegiatan PKL dalam bentuk laporan kegiatan harian (format logbook pada link ini) dan video dokumentari berisi kegiatan PKL selama 30 hari yang telah terupload di youtube kelompok PKL.

  • Upload rincian laporan kegiatan harian selama 30 hari dalam satu file word/pdf dan link video dokumentari tidak lebih dari 30 menit pada link ini.

10. Mahasiswa menyelesaikan PKL dan menginformasikan ke Tim PKL Prodi Agribisnis dengan mengupload (secara individu) 1surat keterangan selesai PKL (form A8), 2tanggapan perusahaan terhadap kinerja mahasiswa (form A5), dan 3kartu monitoring lapangan (form A7) pada link ini.

11. Mahasiswa konsultasi dan menyusun Laporan (Laporan PKL harus selesai Maksimum 2 bulan setelah Pelaksanaan di Lapang).

12. Mahasiswa mendaftar Ujian/Seminar Hasil PKL, Maksimal 3 Bulan setelah Pelaksanakan Lapang, sesuai Surat Tugas Pembimbing.

  • Mahasiswa mendaftar ujian/seminar PKL sesuai kesepakatan dosen dan mahasiswa.   
  • Mahasiswa, dosen dan audiens melaksanakan seminar hasil PKL secara online dengan persyaratan:
  • Menggunakan aplikasi Zoom/Webex/Instagram/aplikasi conference lainnya sesuai kesepakatan mahasiswa dan dosen pembimbing PKL.
  • Mengundang audiens minimal sejumlah 15 mahasiswa.
  • Upload (secara individu) 1permohonan ujian/seminar PKL (form A9), 2berita acara ujian PKL (form A11) dan 3daftar hadir seminar/ujian PKL (form A12) pada link berikut

13. Setelah ujian/seminar hasil PKL, mahasiswa wajib konsultasi laporan akhir PKL ke dosen pembimbing.

14. Setelah acc laporan PKL, mahasiswa mengirim laporan akhir PKL yang telah disetujui oleh dosen pembimbing PKL (bisa acc secara lisan/tertulis melalui chatting dan tanpa ttd dosen pembimbing PKL di lembar pengesahan) dalam bentuk softcopy beserta kartu monitoring pembimbingan PKL (form A6) ke link berikut. (*mohon tunggu, laporan PKL anda sedang diverifikasi oleh koordinator PKL Prodi Agribisnis)

15. Setelah laporan PKL anda diverifikasi, langkah selanjutnya download surat tanda terima laporan PKL (form A13) di link ini dan mahasiswa dinyatakan lulus PKL.

Demikian informasi seputar praktek kerja lapang (PKL) mahasiswa Prodi Agribisnis FPP-UMM Angkatan 2018. Harap dicermati dengan seksama.

Hormat kami,

Tim PKL Program Studi Agribisnis

 

 

Shared: