Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Diberitahukan kepada mahasiswa agribisnis FPP-UMM Angkatan 2018 bahwa pendaftaran Praktek Kerja Lapang (PKL) telah dibuka mulai 1 Januari 2021. Kegiatan PKL tahun 2021 ini memiliki konsep yang berbeda dengan PKL sebelumnya dikarenakan keadaan force majeure akibat pandemi corona. Kegiatan PKL dapat berupa kegiatan praktek kerja maupun pendampingan di industri/perusahaan/lembaga/instansi/usaha mikro kecil menengah (UMKM)/ usaha perseorangan di bidang agribisnis (lebih lanjut lihat panduan PKL Prodi Agribisnis 2021). Perhatikan timeline kegiatan PKL Program Studi Agribisnis tahun 2021 sebegai berikut:
No. |
KEGIATANPKL |
WAKTU |
1. |
Pendaftaran Peserta Program PKL |
Awal – Akhir Januari 2021 |
2. |
Pembekalan Program PKL |
Akhir Januari 2021 |
3. |
Penempatan Mahasiswa ke Industri Mitra |
Awal – Pertengahan Februari 2021 |
4. |
Pelaksanaan Program PKL |
Awal Februari – Pertengahan 2021 Maret (menyesuaikan ijin perusahaan) |
5. |
Kunjungan Program PKL (*Kondisional dikarenakan pandemi corona) |
Pertengahan Februari – Awal Maret 2021 |
6. |
Selesai Pelaksanaan di industri/perusahaan mitra Program PKL |
Awal – Pertengahan Maret 2021 (menyesuaikan ijin perusahaan) |
7. |
Finishing Pembimbingan Laporan PKL |
Paling Lambat Akhir Mei 2021 |
8. |
Ujian/Seminar Hasil PKL |
Awal Maret - Akhir Mei 2021 |
9. |
Batas Akhir Penyerahan Laporan Daftar harianPKL |
30 Juni 2021 |
10. |
Penilaian akhir |
Juli 2021 |
Prosedur pelaksanaan PKL Prodi Agribisnis tahun 2021 sebagai berikut:
1. Pendaftar PKL tercatat sebagai Mahasiswa aktif Program S-1 Program StudiAgribisnis FPPUMM pada semester diselenggarakannya kegiatan PKL.
2. Mahasiswa mencari/memilih mitra atau lokasi PKL secara mandiri atau berkelompok (satu kelompok terdiri dari 1-3 mahasiswa). Mahasiswa juga bisa memilih mitra PKL dari industri/perusahaan/lembaga/instansi/usaha mikro kecil menengah (UMKM)/usaha perseoranganyang menjadi mitra lokasi praktikum maupun mitra PKL sebelumnya di Program Studi.
3. Mahasiswa merencanakan lokasi, waktu dan topik atau judul kajian PKL yang disesuaikan dengan bidang kajian di industri/perusahaan/lembaga/instansi/usaha mikro kecil menengah (UMKM)/usaha perseoranganyang dituju.
4. Mahasiswa calon peserta PKL wajib mendaftar ke tim dan admin PKL Program Studi Agribisnis FPP Universitas Muhammadiyah Malang dengan mengisi link daftar kelompok dan pengajuan surat pengantar PKL (form A4) dan memenuhi persyaratan pendaftaran sebagai berikut pada link ini.
5. Setelah mahasiswa mendaftar PKL, akan ditetapkan dosen pembimbing yang selanjutnya mahasiswa dapat melaksanakan pembimbingan lebih lanjut secara online. Link daftar pembimbing sebagai berikut (*harap ditunggu, setiap hari Sabtu akan diupdate penetapan pembimbing PKL). Setelah mengisi pengajuan surat pengantar PKL (form A4), download surat pengantar tersebut pada link berikut.
6. Mahasiswa harus menyusun proposal PKL sesuai dengan kondisi dan kegiatan di industri/perusahaan/lembaga/instansi/usaha mikro kecil menengah (UMKM)/usaha perseoranganmitra, dengan arahan dan bimbingan Dosen Pembimbing atau Tim PKL Program Studi Agribisnis (lihat panduan PKL). Upload proposal PKL pada link berikut.
7. Mahasiswa melaporkan kesediaan industri/perusahaan/lembaga/instansi/usaha mikro kecil menengah (UMKM)/usaha perseorangan mitra PKL yang dituju pada link berikut.
8. Mengikuti kegiatan pembekalan Program PKL yang diselenggarakan oleh panitia PKL (jadwal akan diinformasikan lebih lanjut).
9. Mahasiswa melakukan kegiatan PKL di bawah bimbingan dosen pembimbing dan pamong mitra PKL. Karena kondisi pandemi corona, mahasiswa harap jaga jarak, gunakan masker dan selalu patuhi protokol kesehatan. Dokumentasikan kegiatan PKL dalam bentuk laporan kegiatan harian (format logbook pada link ini) dan video dokumentari berisi kegiatan PKL selama 30 hari yang telah terupload di youtube kelompok PKL.
10. Mahasiswa menyelesaikan PKL dan menginformasikan ke Tim PKL Prodi Agribisnis dengan mengupload (secara individu) 1surat keterangan selesai PKL (form A8), 2tanggapan perusahaan terhadap kinerja mahasiswa (form A5), dan 3kartu monitoring lapangan (form A7) pada link ini.
11. Mahasiswa konsultasi dan menyusun Laporan (Laporan PKL harus selesai Maksimum 2 bulan setelah Pelaksanaan di Lapang).
12. Mahasiswa mendaftar Ujian/Seminar Hasil PKL, Maksimal 3 Bulan setelah Pelaksanakan Lapang, sesuai Surat Tugas Pembimbing.
13. Setelah ujian/seminar hasil PKL, mahasiswa wajib konsultasi laporan akhir PKL ke dosen pembimbing.
14. Setelah acc laporan PKL, mahasiswa mengirim laporan akhir PKL yang telah disetujui oleh dosen pembimbing PKL (bisa acc secara lisan/tertulis melalui chatting dan tanpa ttd dosen pembimbing PKL di lembar pengesahan) dalam bentuk softcopy beserta kartu monitoring pembimbingan PKL (form A6) ke link berikut. (*mohon tunggu, laporan PKL anda sedang diverifikasi oleh koordinator PKL Prodi Agribisnis)
15. Setelah laporan PKL anda diverifikasi, langkah selanjutnya download surat tanda terima laporan PKL (form A13) di link ini dan mahasiswa dinyatakan lulus PKL.
Demikian informasi seputar praktek kerja lapang (PKL) mahasiswa Prodi Agribisnis FPP-UMM Angkatan 2018. Harap dicermati dengan seksama.
Hormat kami,
Tim PKL Program Studi Agribisnis