Pengumuman Magang Kerja Mahasiswa Prodi Agribisnis Angkatan 2020

Assalamualaikum Wr. Wb.

Diberitahukan kepada mahasiswa agribisnis FPP-UMM angkatan 2020 dan angkatan 2019 (yang belum melaksanakan Magang Kerja) bahwa pendaftaran Magang Kerja telah dibuka mulai 29 Mei – 29 Juni 2023. Kegiatan Magang Kerja dapat berupa kegiatan praktek kerja di bidang agribisnis (lebih lanjut lihat pedoman Magang Kerja Prodi Agribisnis FPP-UMM). Perhatikan timeline kegiatan Magang Kerja Program Studi Agribisnis tahun 2023 sebagai berikut:

No

Kegiatan

Waktu

1

Pendaftaran peserta program Magang Kerja

Mei – Juni 2023

2

Penentuan pembimbing

Update per hari Sabtu

3

Pembimbingan proposal Magang Kerja

Juni – Juli 2023

(menyesuaikan update pembimbing Magang Kerja)

4

Pembekalan program Magang Kerja

Awal Juni

5

Penempatan ke industri mitra (lokasi Magang Kerja)

Juli – September 2023

6

Pelaksanaan program Magang Kerja

Juli – Desember 2023

*Pelaksanaan Magang Kerja minimal 2 bulan

7

Kunjungan program Magang Kerja (*Kondisional)

Agustus – September 2023

8

Selesai pelaksanaan Magang Kerja di industri atau perusahaan mitra

Awal November – Akhir Desember 2023

(menyesuaikan ijin perusahaan)

9

Finishing pembimbingan laporan Magang Kerja

Paling lambat pertengahan Januari 2024

10

Ujian/ Seminar Hasil Magang Kerja

Oktober 2023 – pertengahan Januari 2024

11

Batas akhir penyerahan laporan dan daftar harian Magang Kerja

Akhir Januari 2024

12

Penilaian akhir

Februari 2024

Prosedur pelaksanaan Magang Kerja Prodi Agribisnis Angkatan 2020 sebagai berikut:

  1. Pendaftar Magang Kerja tercatat sebagai Mahasiswa aktif Program S-1 Program Studi Agribisnis FPP UMM pada semester diselenggarakannya kegiatan Magang Kerja.

  2. Mahasiswa mencari/memilih mitra atau lokasi Magang Kerja secara mandiri atau berkelompok (satu kelompok terdiri dari 1-3 mahasiswa). Mahasiswa juga bisa memilih mitra Magang Kerja dari industri/perusahaan/lembaga/instansi yang menjadi mitra lokasi praktikum maupun mitra Magang Kerja sebelumnya di Program Studi.

  3. Mahasiswa merencanakan lokasi, waktu dan topik atau judul kajian Magang Kerja yang disesuaikan dengan bidang kajian di industri/perusahaan/lembaga/instansi yang dituju. 

  4. Mahasiswa calon peserta Magang Kerja wajib mendaftar ke tim dan admin Magang Kerja Program Studi Agribisnis FPP Universitas Muhammadiyah Malang apabila telah MEMENUHI PERSYARATAN dilanjutkan dengan mengisi link pendaftaran kelompok dan pendaftaran magang kerja pada link berikut.
    - Scan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)
    - Formulir permohonan Magang Kerja (form A1) ke Tim Magang Kerja secara online

    - Transkrip nilai (transkrip disediakan oleh TU Prodi Agribisnis)

    - Minimal SKS yang telah ditempuh sejumlah 80 SKS

    - KHS (semester 1 sampai semester 5) dan KSM (semester 6)

    - Melunasi pembayaran pendaftaran Magang Kerja sebesar Rp250.000,- (lihat panduan pembayaran) dan menyerahkan bukti pembayaran.

  5. Setelah mahasiswa mendaftar Magang Kerja, akan ditetapkan dosen pembimbing yang selanjutnya mahasiswa dapat melaksanakan pembimbingan lebih lanjut. Link daftar pembimbing sebagai berikut (*harap ditunggu, setiap hari Sabtu akan diupdate penetapan pembimbing Magang Kerja).

  6. Mahasiswa mengurus Surat Izin Magang Kerja (Form A4) dengan cara mengajukan surat ke Prodi Agribisnis melalui link berikut (seperti pengajuan surat kemudian pantau terus apakah warnanya sudah HIJAU atau belum), minta paraf kaprodi Agribisnis kemudian bawa surat tersebut ke fakultas untuk meminta nomor surat sekaligus tanda tangan Wakil Dekan I FPP-UMM.

  7. Mahasiswa harus menyusun proposal Magang Kerja sesuai dengan kondisi dan kegiatan di industri/perusahaan/lembaga/instansi, dengan arahan dan bimbingan Dosen Pembimbing atau Tim Magang Kerja Program Studi Agribisnis (lihat panduan Magang Kerja). Kemudian apabila proposal sudah ACC dan memperoleh seluruh tanda tangan pada lembar pengesahan Mahasiswa WAJIB Upload proposal MAGANG KERJA pada link berikut. Apabila pelaksanaan Magang Kerja berkelompok maka yang upload proposal cukup perwakilan saja.

  8. Mahasiswa melaporkan kesediaan industri/perusahaan/lembaga/instansi mitra Magang Kerja yang dituju pada link berikutFormat surat kesediaan sebagai lokasi Magang Kerja mengikuti format industri/perusahaan/lembaga/instansi. Pada link tersebut Mahasiswa juga WAJIB melaporkan/konfirmasi pelaksanaan Magang Kerja di lapang. Apabila pelaksanaan Magang Kerja berkelompok maka yang upload proposal cukup perwakilan saja.

  9. Mengikuti kegiatan pembekalan Program Magang Kerja yang diselenggarakan oleh panitia Magang Kerja (jadwal akan diinformasikan lebih lanjut).

  10. Mahasiswa melakukan kegiatan Magang Kerja di bawah bimbingan dosen pembimbing dan pamong mitra Magang Kerja (Dosen Pembimbing Lapang yang ditunjuk instansi/perusahaan). Mahasiswa juga memiliki kewajiban untuk mendokumentasikan kegiatan Magang Kerja dalam bentuk laporan kegiatan harian (format logbook pada link inidan video dokumentari berisi kegiatan Magang Kerja selama 2-3 bulan yang telah terupload di youtube kelompok Magang Kerja.
    a) Pengisian logbook dilakukan secara individu dan tidak ditulis tangan melainkan diketik pada MS Word

    b)
    Upload rincian laporan kegiatan harian selama 2-3 bulan dalam satu file word/pdf dan link video dokumentasi tidak lebih dari 30 menit serta publish berita/artikel ke media pada link ini.

  11. Mahasiswa yang telah menyelesaikan Magang Kerja di lokasi magang WAJIB menginformasikan ke Tim Magang Kerja Prodi Agribisnis dengan mengupload (secara individu) 1surat keterangan selesai Magang Kerja (form A8), 2tanggapan perusahaan terhadap kinerja mahasiswa (form A5), dan 3kartu monitoring lapangan (form A7) pada link ini

  12. Mahasiswa harap konsultasi dengan Dosen Pembimbing dan menyusun Laporan Akhir Magang Kerja (Laporan Magang Kerja harus selesai Maksimum 2 bulan setelah Pelaksanaan di Lapang).

  13. Mahasiswa menyelesaikan administrasi pendaftaran Ujian/Seminar Hasil Magang Kerja secara individu, Maksimal 3 Bulan setelah Pelaksanakan Lapang, sesuai Surat Tugas Pembimbing. 
    a) Mahasiswa mendaftar ujian/seminar Magang Kerja sesuai kesepakatan dosen dan mahasiswa, dengan mengajukan permohonan ujian/seminar Magang Kerja (form A9).
    b)
     Mahasiswa mencetak undangan ujian/seminar magang kerja (form A10) sesuai dengan identitas yang sebenarnya secara individu dan diserahkan ke Prodi untuk ditandatangani Kaprodi Agribisnis (mohon ditunggu dalam waktu 1 hari kerja). Undangan WAJIB diserahkan kepada dosen pembimbing maksimal 1 hari sebelum pelaksanaan seminar hasil.
    c) Mahasiswa, dosen dan audiens melaksanakan seminar hasil Magang Kerja secara luring sesuai jadwal yang telah disepakati sebagaimana tercantum dalam undangan dan mahasiswa WAJIB mencetak daftar hadir seminar/ujian Magang Kerja (form A12).
    d)
     Mengundang audiens minimal sejumlah 15 mahasiswa (WAJIB) dan audiens harap membawa kartu monitoring seminar hasil (minta ke prodi secara individu).
    e)
     Mahasiswa mencetak berita acara ujian Magang Kerja (form A11) yang diserahkan ke dosen pembimbing (saat seminar hasil) untuk dinilai dan oleh dosen pembimbing akan diserahkan ke kantor Prodi Agribisnis (form A11 wajib diserahkan ke dosen pembimbing). 
    f) Apabila pelaksanaan seminar magang kerja SUDAH/SELESAI dilaksanakan, mahasiswa wajib upload form A9 (yang sudah ditandatangani dospem), form A10 (yang telah ditandatangani kaprodi) dan form A12 (yang telah ditandatangani audiens) pada
     link berikut MAKSIMAL 1 hari setelah pelaksanaan seminar hasil magang kerja.

  14. Setelah ujian/seminar hasil Magang Kerja, mahasiswa wajib konsultasi laporan akhir Magang Kerja ke dosen pembimbing hingga disetujui.

  15. Setelah laporan akhir Magang Kerja disetujui dosen pembimbing, mahasiswa mengirim laporan akhir Magang Kerja yang telah disetujui dengan melengkapi tandatangan Dosen Pembimbing, Kaprodi Dan Wadek 1 FPP-UMM di lembar pengesahan) beserta kartu monitoring pembimbingan Magang Kerja (form A6) ke link berikut
    (*mohon tunggu, laporan Magang Kerja anda sedang diverifikasi oleh koordinator Magang Kerja Prodi Agribisnis)

  16. Setelah upload laporan akhir Magang Kerja beserta kartu monitoring, selanjutnya Mahasiswa (secara individu) wajib download dan mengisi form A13 (Surat tanda terima Laporan Magang Kerja) dengan data sebenar-benarnya kemudian diprint dan diserahkan ke TU Prodi Agribisnis untuk diproses (mohon ditunggu dalam waktu 1 hari kerja). Apabila sudah selesai Mahasiswa wajib mengupload scan tanda terima laporan magang kerja pada link berikut.
     
  17. Selesai sudah serangkaian pelaksanaan Magang Kerja. Selanjutnya Mahasiswa tinggal menunggu nilai Magang Kerja muncul di infokhs.

Demikian informasi seputar Magang Kerja (PKL) mahasiswa Prodi Agribisnis FPP-UMM Angkatan 2020 dan angkatan 2019 (yang belum melaksanakan Magang Kerja). Harap dicermati dengan seksama.

 

Hormat kami,

Tim Magang Kerja Program Studi Agribisnis

Shared: