Pengumuman Magang Kerja Mahasiswa Prodi Agribisnis Angkatan 2021

PENGUMUMAN MAGANG KERJA MAHASISWA PRODI AGRIBISNIS ANGKATAN 2021

Assalamualaikum Wr. Wb.

Diberitahukan kepada mahasiswa agribisnis FPP-UMM angkatan 2021 dan angkatan 2020 (yang belum melaksanakan Magang Kerja) bahwa pendaftaran Magang Kerja telah dibuka mulai 25 Maret – 25 Mei 2024. Kegiatan Magang Kerja dapat berupa kegiatan praktek kerja di bidang agribisnis (lebih lanjut lihat panduan Magang Kerja)Perhatikan timeline kegiatan Magang Kerja Program Studi Agribisnis tahun 2023 sebagai berikut:

No

Kegiatan

Waktu

1

Pendaftaran peserta program Magang Kerja

Maret – Mei 2024

2

Penentuan pembimbing

Update per hari Sabtu

3

Pembimbingan proposal Magang Kerja

April – Juli 2023

(menyesuaikan update pembimbing Magang Kerja)

4

Pembekalan program Magang Kerja

Juni (jadwal menyusul)

5

Penempatan ke industri mitra (lokasi Magang Kerja)

Juli – September 2024

6

Pelaksanaan program Magang Kerja

Juli – Desember 2024

*Pelaksanaan Magang Kerja minimal 60 hari kerja

7

Kunjungan program Magang Kerja (*Kondisional)

Agustus – September 2024

8

Selesai pelaksanaan Magang Kerja di industri atau perusahaan mitra

Awal November – Akhir Desember 2024

(menyesuaikan ijin perusahaan)

9

Finalisasi pembimbingan laporan Magang Kerja

Paling lambat pertengahan Januari 2025

10

Ujian Magang Kerja

Oktober 2024 – pertengahan Januari 2025

11

Batas akhir penyerahan laporan dan daftar harian Magang Kerja

Akhir Januari 2025

12

Penilaian akhir

Februari 2025

Prosedur pelaksanaan Magang Kerja Prodi Agribisnis Angkatan 2021 sebagai berikut:

  1. Pendaftar Magang Kerja tercatat sebagai Mahasiswa aktif Program S-1 Program Studi Agribisnis FPP UMM pada semester diselenggarakannya kegiatan Magang Kerja.
  2. Mahasiswa mencari/memilih mitra atau lokasi Magang Kerja secara mandiri atau berkelompok (satu kelompok terdiri dari 1-3 mahasiswa). Mahasiswa juga bisa memilih mitra Magang Kerja dari industri/perusahaan/lembaga/instansi yang menjadi mitra lokasi praktikum maupun mitra Magang Kerja sebelumnya di Program Studi.
  3. Mahasiswa merencanakan lokasi, waktu dan topik atau judul kajian Magang Kerja yang disesuaikan dengan bidang kajian di industri/perusahaan/lembaga/instansi yang dituju. 
  4. Mahasiswa calon peserta Magang Kerja wajib mendaftar ke tim dan admin Magang Kerja Program Studi Agribisnis FPP Universitas Muhammadiyah Malang dengan mengisi link pendaftaran kelompok  dan daftar disini  dengan mengunggah beberapa syarat administrasi sebagai berikut:
  1. Scan/Foto Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)
  2. Scan formulir permohonan Magang Kerja (form A1) yang telah ditandatangani dosen wali
  3. Minimal SKS yang telah ditempuh sejumlah 80 SKS (dibuktikan dengan screenshoot transkrip di infokhs.umm.ac.id)
  4. KHS (semester 1 sampai semester 5) dan KSM (semester 6)
  5. Melunasi pembayaran pendaftaran Magang Kerja sebesar Rp250.000,- (lihat panduan pembayaran)  dan menyerahkan bukti pembayaran.
  6. Mahasiswa mengajukan dan memberi identitas lengkap mitra kerja Magang Kerja serta membuat draft singkat proposal Magang Kerja (form A2)

  1. Setelah mahasiswa mendaftar Magang Kerja, akan ditetapkan dosen pembimbing yang selanjutnya mahasiswa dapat melaksanakan pembimbingan lebih lanjut. Link daftar pembimbing (*harap ditunggu, setiap hari Sabtu akan diupdate penetapan pembimbing Magang Kerja).
  2. Mahasiswa mengurus Surat Izin Magang Kerja (Form A4) dengan cara mengajukan surat ke Prodi Agribisnis melalui link berikut (seperti pengajuan surat kemudian pantau terus apakah warnanya sudah HIJAU atau belum), minta paraf kaprodi Agribisnis kemudian bawa surat tersebut ke fakultas untuk meminta nomor surat sekaligus tanda tangan Wakil Dekan I FPP-UMM.
  3. Mahasiswa harus menyusun proposal Magang Kerja sesuai dengan kondisi dan kegiatan di industri/perusahaan/lembaga/instansi, dengan arahan dan bimbingan Dosen Pembimbing atau Tim Magang Kerja Program Studi Agribisnis (lihat panduan Magang Kerja). Kemudian apabila proposal sudah ACC dan memperoleh seluruh tanda tangan pada lembar pengesahan Mahasiswa WAJIB Upload proposal MAGANG KERJA.  Apabila pelaksanaan Magang Kerja berkelompok maka yang upload proposal cukup perwakilan saja.
  4. Mahasiswa melaporkan kesediaan industri/perusahaan/lembaga/instansi mitra Magang Kerja yang dituju pada link berikut. Format surat kesediaan sebagai lokasi Magang Kerja mengikuti format industri/perusahaan/lembaga/instansi. Pada link tersebut Mahasiswa juga WAJIB melaporkan/konfirmasi pelaksanaan Magang Kerja di lapang. Apabila pelaksanaan Magang Kerja berkelompok maka yang upload proposal cukup perwakilan saja.
  5. Mengikuti kegiatan pembekalan Program Magang Kerja yang diselenggarakan oleh panitia Magang Kerja (jadwal akan diinformasikan lebih lanjut).
  6. Mahasiswa melakukan kegiatan Magang Kerja di bawah bimbingan dosen pembimbing dan pamong mitra Magang Kerja (Dosen Pembimbing Lapang yang ditunjuk instansi/perusahaan). Mahasiswa juga memiliki kewajiban untuk mendokumentasikan kegiatan Magang Kerja dalam bentuk laporan kegiatan harian (format logbook) dan video dokumentasi berisi kegiatan Magang Kerja selama 60 hari yang telah terupload di youtube kelompok Magang Kerja.
  1. Pengisian logbook dilakukan secara individu dan tidak ditulis tangan melainkan diketik pada MS Word
  2. Upload rincian laporan kegiatan harian selama 2-3 bulan dalam satu file word/pdf dan link video dokumentasi tidak lebih dari 30 menit serta publish berita/artikel ke media pada link ini.

  1. Mahasiswa yang telah menyelesaikan Magang Kerja di lokasi magang WAJIB menginformasikan ke Tim Magang Kerja Prodi Agribisnis dengan mengupload (secara individu) 1surat keterangan selesai Magang Kerja (form A8), 2tanggapan perusahaan terhadap kinerja mahasiswa (form A5), dan 3kartu monitoring lapangan (form A7) pada link ini.
  2. Mahasiswa harap konsultasi dengan Dosen Pembimbing dan menyusun Laporan Akhir Magang Kerja (Laporan Magang Kerja harus selesai Maksimum 2 bulan setelah Pelaksanaan di Lapang).
  1. Mahasiswa menyelesaikan administrasi pendaftaran Ujian Magang Kerja secara individu, Maksimal 3 Bulan setelah Pelaksanakan Lapang, sesuai Surat Tugas Pembimbing. 
  2. Mahasiswa mendaftar ujian Magang Kerja sesuai kesepakatan dosen dan mahasiswa, dengan mengajukan permohonan ujian Magang Kerja (form A9).
  3. Mahasiswa mencetak undangan ujian magang kerja (form A10) sesuai dengan identitas yang sebenarnya secara individu dan diserahkan ke Prodi untuk ditandatangani Kaprodi Agribisnis (mohon ditunggu dalam waktu 1 hari kerja). Undangan WAJIB diserahkan kepada dosen pembimbing maksimal 1 hari sebelum pelaksanaan ujian magang kerja.
  4. Mahasiswa, dosen pembimbing dan dosen penguji melaksanakan ujian Magang Kerja secara luring sesuai jadwal yang telah disepakati sebagaimana tercantum dalam undangan.
  5. Mahasiswa mencetak berita acara ujian Magang Kerja (form A11) yang diserahkan ke dosen pembimbing (saat ujian) untuk dinilai dan oleh dosen pembimbing akan diserahkan ke kantor Prodi Agribisnis (form A11 wajib diserahkan ke dosen pembimbing). 
  6. Apabila pelaksanaan ujian magang kerja SUDAH/SELESAI dilaksanakan, mahasiswa wajib upload form A9 (yang sudah ditandatangani dospem) dan form A10 (yang telah ditandatangani kaprodi) pada link berikut  MAKSIMAL 1 hari setelah pelaksanaan ujian magang kerja.

  1. Setelah ujian Magang Kerja, mahasiswa wajib konsultasi laporan akhir Magang Kerja ke dosen pembimbing dan dosen penguji hingga disetujui.
  2. Setelah laporan akhir Magang Kerja disetujui dosen pembimbing, mahasiswa mengirim laporan akhir Magang Kerja yang telah disetujui dengan melengkapi tandatangan Dosen Pembimbing, Dosen Penguji, Kaprodi dan Wakil Dekan 1 FPP-UMM di lembar pengesahan) beserta kartu monitoring pembimbingan Magang Kerja (form A6) ke link berikut

(*mohon tunggu, laporan Magang Kerja anda sedang diverifikasi oleh koordinator Magang Kerja Prodi Agribisnis)

  1. Setelah upload laporan akhir Magang Kerja beserta kartu monitoring, selanjutnya Mahasiswa (secara individu) wajib download dan mengisi form A13 (Surat tanda terima Laporan Magang Kerja) dengan data sebenar-benarnya kemudian diprint dan diserahkan ke TU Prodi Agribisnis untuk diproses (mohon ditunggu dalam waktu 1 hari kerja). Apabila sudah selesai Mahasiswa wajib mengupload scan tanda terima laporan magang kerja pada link berikut.
  2. Selesai sudah serangkaian pelaksanaan Magang Kerja. Selanjutnya Mahasiswa tinggal menunggu nilai Magang Kerja muncul di infokhs.

Demikian informasi seputar Magang Kerja mahasiswa Prodi Agribisnis FPP-UMM Angkatan 2021 dan angkatan 2020 (yang belum melaksanakan Magang Kerja). Harap dicermati dengan seksama.

 

Hormat kami,

Tim Magang Kerja Program Studi Agribisnis

 
Shared: