Ikuti Workshop Kurikulum MBKM, Agribisnis UMM Siap Terapkan Pembelajaran Kampus Merdeka

Jum'at, 10 Desember 2021 03:50 WIB   Agribisnis

Ikuti Workshop Kurikulum MBKM, Agribisnis UMM Siap Terapkan Pembelajaran Kampus Merdeka

 

pembukaan workshop kurikulum MBKM oleh Bapak Widya Winarso

 

Gresik (10/12) Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, merupakan program yang diselenggarakan dengan harapan menjadi pembuka pembelajaran yang adaptif, fleksibel dan kokoh dalam perkembangan zaman yang sungguh pesat. Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memiliki pengalaman pertukaran pembelajaran dengan program studi yang sama dengan perguruan tinggi yang berbeda selama 1 semester.

Selaras dengan program MBKM, Program Studi Agribisnis Universitas Muhammadiyah Malang ikut berperan aktif dalam proses penyelenggaraan dan mempersiapkan mahasiswa Agribisnis untuk turut andil untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan program sesuai dengan visi dan misi program MBKM. Guna mewujudkan program MBKM, Program Studi Agribisnis ikut serta dalam kegiatan workshop kurikulum MBKM yang dilaksanakan atas Kerjasama LLDIKTI VII dengan Universitas Muhammadiyah Gresik. Kegiatan berlangsung secara tatap muka di gedung Sang Pencerah UMG dengan menerapkan protokol kesehatan pandemi Covid-19.

Widyo Winarso Sekertaris LLDIKTI (Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi) Wilayah VII dalam sambutannya menyatakan kegiatan workshop seri II ini diikuti oleh beberapa pengelola program studi dan universitas di wilayah LLDIKTI VII. Ia juga menyampaikan tujuannya agar implementasi kurikulum MBKM bisa sesuai dengan pelaksanaan dilapangan.

Prof Tatik Suryani dari STIE Perbanas Surabaya dalam paparannya menyampaikan  kegiatan ini dititik beratkan pada tata kelola program studi dan pimpinan universitas agar dapat mengimplementasikan penjaminan mutu kurikulum dengan berbasis capaian pembelajaran yang mendukung MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka), lebih lanjut sebagai pembicara ke dua Prof Kuncoro Foe dari Universitas Katolik Widya Mandala menuturkan kurikulum berbasis OBE (Outcome-based Education) menjadi salah satu komponen penting dalam perkembangan perguruan tinggi saat ini, jawaban dari semua kebutuhan dunia kerja saat ini serta membuka kesempatan lebih lebar untuk kerjasama dengan mitra perguruan tinggi.

Terkait workshop kurikulum MBKM yang dilaksanakan atas Kerjasama LLDIKTI VII dengan Universitas Muhammadiyah Gresik, hadir secara langsung Ketua Program Studi Agribisnis UMM Ary Bakhtiar.

“Sebuah kehormatan kami dapat mengikuti kegiatan workshop ini, sangat bagus sekali untuk pengembangan kurikulum, kedepan diharapkan dengan adanya kurikulum MBKM berbasis OBE ini dapat segera diaplikasikan pada Prodi Agribisnis UMM”. Ungkap Kaprodi. (OO/AB)

Shared: